HIS / Hospital Information System

Rumah sakit dan Klinik sebagai salah satu organisasi pelayanan di bidang kesehatan umum, apotik dan retailer, sehingga pihak Rumah Sakit dan Klinik dituntut untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dengan manajemen yang se-efektif mungkin.

Sebagai lembaga yang berperan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, maka Rumah Sakit dan Klinik dituntut untuk memiliki sebuah sistem informasi yang terintegrasi dan menyeluruh. maka diharapkan terjadi sinergi dan akselerasi kinerja setiap aspek dalam unit kerja Rumah Sakit dan Klinik. Sehingga tercapai sasaran yang digariskan oleh para pemegang keputusan di dalamnya secara efektif dan efisien.

Aplikasi HIS – Hospital Information System hadir untuk memenuhi kebutuhan Rumah Sakit dan Klinik adalah mengadopsi standar kerangka kerja sistem (system framework standard) yang digunakan secara internasional di banyak perusahaan/organisasi.  Dengan pengalaman sekitar 10 (sepuluh) tahun dalam mengembangkan sistem informasi di berbagai lembaga yang memiliki tipe berbeda maka diharapkan solusi-solusi yang ditawarkan dapat memenuhi harapan Rumah Sakit dan Klinik

Tujuan dari HIS adalah:

  1. Meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan dan rekanan secara lebih transparan, terarah, efektif dan efisien.
  2. Meningkatkan kemudahan akses informasi kepada para pelanggan dan rekanan dengan beragam media informasi yang mudah digunakan seperti layanan situs web dan SMS (short message service).
  3. Meningkatkan sinergi dan akselerasi setiap bagian di lingkungan organisasi grup usaha.
  4. Meningkatkan kualitas kontrol dan evaluasi oleh para pemegang keputusan

Keunggulan Produk Kami

  • Rancangan sistem informasi dibangun berdasarkan pedoman umum yang lazim dan berlaku di lingkungan rumah sakit di Indonesia.
  • Real-time update data keuangan dan inventory serta pelayanan.
  • Multi branch dan multi level outlet.
  • Pencatatan/kodefikasi data medik seperti Standard ICD-10
  • Dibangun secara terintegrasi pada modul-modul master data yang mencegah adanya duplikasi data.
  • Inventory dan warehousing dapat diakses setiap saat oleh pihak yang berhak dari setiap tempat penyimpanan termasuk di beberapa depo yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara.
  • Di bagian help-desk dapat diakses informasi terbaru dan real-time tentang seluruh informasi yang terkait dengan pelayanan kepada pelanggan.
  • Mendukung sistem multi-tariff yang dikenakan berdasarkan kelompok-kelompok pelanggan.
  • Pencarian informasi data dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Bukti-bukti yang dicetak diberikan kode yang di-generate secara otomatis oleh sistem.
  • Data-Data Tertentu dapat diakses oleh para pengguna yang berhak namun hanya dapat di-update oleh petugas yang berwenang saja.
  • Electronic Medical record dapat diakses oleh para pengguna yang berhak namun hanya dapat di-update oleh petugas yang berwenang saja.
  • Hasil pemeriksaan oleh dokter disimpan dalam basis data yang terintegrasi dengan data sebelumnya yang diurutkan berdasarkan tanggal pemeriksaan.
  • Untuk menjamin keamanan informasi maka petugas laboratorium tidak dapat melakukan entry-data permintaan pemeriksaan dari internal rumah sakit.
  • Seluruh hasil pemeriksaan laboratorium disimpan pada basis data yang terintegrasi dengan data medik lainnya dimana jika diperlukan dapat dicetak.
  • Pasien rawat inap dapat langsung memperoleh kepastian tempat tidur pada saat pendaftaran di front-office.
  • Seluruh transaksi pasien dideskripsikan lengkap dalam DOKUMEN BIAYA PASIEN.
  • Untuk menjamin keamanan dan mencegah penyalahgunaan resep maka copy resep tidak dapat diterbitkan dengan sistem re-entry.
  • Pengiriman informasi kartu status dari setiap simpul unit bisnis menggunakan sistem jaringan komunikasi data elektronik yang terintegrasi.
  • Kebijakan akuntansi mengakomodasikan hal-hal berikut: Menganut basis akrual; Penerapan prinsip kemudahan dalam pengisian dan audit; Proper matching cost with revenue; Multi-currency system dan FIFO (first in first out) system
  • Pendapatan dan biaya diakui berdasarkan tempat terjadinya transaksi
  • Laporan pendapatan per unit/bidang disusun berdasarkan kelompok pelanggan serta dapat diterbitkan secara real-time setiap saat.
  • Dokumen-dokumen tagihan, rekapitulasi piutang serta pendukung lainnya diterbitkan tanpa proses re-entry.
  • Data riwayat piutang mencantumkan secara lengkap dan rinci termasuk koreksi dari pelanggan yang pernah terjadi.
  • Seluruh pencatatan akunting dilakukan dengan jurnal tanpa re-entry untuk seluruh komponen data yang pernah ada.
  • Jurnal untuk kepentingan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya dilakukan sekaligus secara bersamaan.
  • Akuntansi biaya telah mendukung kebijakan tarif yang dapat menghasilkan laporan periodik tanpa re-entry.
  • Seluruh data yang diperlukan dapat dikonversikan menjadi file-file dalam format MS-Office maupun PDF untuk keperluan analisis.
  • Adanya hierarki atas hak akses pada sistem yang dibangun.
  • Mendukung back-up otomatis yang sudah dijadualkan.
  • Berbasis open source software (OSS) sehingga dapat menghemat investasi untuk software pendukung.
  • Berbasiskan protokol komunikasi TCP/IP sehingga dapat menggunakan hybrid system menggunakan berbagai jenis platform software dan hardware dalam satu jaringan komunikasi data elektronik.
  • Para pemegang keputusan dapat melakukan pengawasan secara real-time dan on-line pada ktivitas di setiap komputer pengguna; Pendapatan yang telah dicapai dan Laporan dan dokumen lainnya
  • Dapat diintegrasikan dengan perangkat berteknologi lain dengan mudah seperti layanan pesan singkat (short message service).
  • Menerapkan konsep client-server dengan teknologi aplikasi berbasis web sehingga lebih mudah untuk dibangun, dipelihara dan dikembangkan.
  • Tidak memerlukan spesifikasi hardware komputer yang tinggi jika menggunakan sistem operasi Linux.
  • Aplikasi software dikembangkan menggunakan software-software pendukung yang dapat dioperasikan di berbagai platform perangkat sehingga tidak tergantung dengan suatu platform tertentu.
  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi terutama dari gangguan virus atau malware jika menggunakan platform open source software.
  • Dengan penerapan sistem barcode yang terintegrasi dari kemasan paket dan setiap dokumen yang terkait memudahkan dalam pelacakan dan pengendalian distribusi barang.

 Manfaat dari Sisi Kepegawaian

  1. Dokter/Pegawai dapat setiap saat memeriksa status insentif mereka melalui media SMS/aplikasi.
  2. Akurasi perhitungan secara proporsional
  3. Akurasi pembayaran insentif
  4. Akurasi dalam penilaian kinerja dan evaluasi pegawai

  Manfaat dari Sisi Pelayanan

  1. Penghematan biaya dengan paperless system
  2. RME (Rekam Medis Elektronik) yang terintegrasi dan terjaga kerahasiaannya
  3. Kemudahan bagi pasien mengetahui kesediaan kamar rawat
  4. Transparansi penggunaan farmalkes
  5. Kemudahan bagi pasien opname mengontrol biaya secara real-time
  6. Proses administrasi yang lebih sederhana
  7. Mencegah peluang pasien terlambat ditangani karena masalah administrasi
  8. Dapat dilakukan sistem multi-tarif dengan skema kelompok pasien
  9. Publik dapat mengakses informasi secara mudah melalui media SMS/Website/Call Center

Manfaat dari Sisi Akunting & Manajemen Keuangan

  1. Memudahkan dalam proses pembukuan dan posting
  2. Bagian Akunting cukup sebagai verifikator, otorisasi posting dan auditor
  3. Informasi pendapatan dan pengeluaran secara real-time menurut pos akun
  4. Kemampuan audit trail atas setiap transaksi keuangan dan akuntansi
  5. Mencegah dengan deteksi kemungkinan aksi fraud

 Manfaat dari Sisi Manajemen

  1. Terkontrolnya seluruh aktifitas organisasi secara real-time
  2. Tersedianya sistem yang mampu menyediakan laporan secara berjenjang dari yang paling ringkas hingga yang paling rinci
  3. Format laporan dalam bentuk tabel/grafik/naratif
  4. Kemudahan akses terhadap sistem informasi melalui berbagai media seperti SMS/aplikasi Smartphone setiap saat.

Manfaat HIS dari Sisi Logistik & Inventory

  1. FIFO System yang dikombinasikan dengan expire base system
  2. Meminimalisir kebocoran persediaan farmalkes
  3. Meminimalisir stok yang berlebihan
  4. Meminimalisir stok yang memiliki sirkulasi rendah
  5. Proses pengadaan yang terintegrasi dari setiap bagian yang dipusatkan di Bagian Logistik
  6. Sistem Pergudangan yang dapat dilakukan secara terdistribusi
  7. Tersedianya laporan pola kebutuhan Akurasi perhitungan harga jual dengan skema multi-tarif

Translate »